01_visitasi_akreditasi_prodi_SI
11:36

Visitasi Akreditasi Prodi Sistem Informasi FILKOM UB

Dalam upaya untuk terus meningkatkan mutu pelayanan pendidikan, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) selalu menjalankan sistem penjaminan mutu baik internal maupun eksternal. Salah satu sistem penjaminan mutu eksternal yang dilakukan FILKOM UB adalah dengan akreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Kali ini Program Studi Sistem Informasi (Prodi SI) dari Jurusan Sistem Informasi yang mendapat visitasi akreditasi oleh perwakilan BAN-PT pada Senin (14/10/2019). Untuk diketahui sebelumnya Prodi SI sudah mendapatkan Akreditasi B dari BAN-PT pada 2014 lalu. Yusi Tyroni Mursityo, S.Kom., M.AB. selaku Kaprodi SI menyampaikan bahwa harapannya pada kesempatan ini Prodi SI bisa mendapat akreditasi A. Prodi SI telah banyak melakukan perbaikan dibanding lima tahun yang lalu, baik dari segi penyediaan sarana prasarana penunjang pembelajaran, maupun dari segi kurikulum dan sumber daya manusia pengajar.

02_visitasi_akreditasi_prodi_SIAsesor yang hadir pada visitasi akreditasi kali ini adalah Dr. Indra Budi, S.Kom., M.Kom. dari Universitas Indonesia dan Dr. Tri Kuntoro Priyambodo, M.Sc. dari Universitas Gadjah Mada. Keduanya diterima dengan baik oleh jajaran pimpinan FILKOM UB, Jurusan SI, Prodi SI, UJM SI dan tim persiapkan akreditasi di gedung F lantai 7. Acara dibuka dengan pemutaran Video Profile Prodi SI oleh Kaprodi SI dan sambutan dari Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. drh. Aulanni’am, DES yang menyampaikan tentang posisi dan perkembangan UB saat ini, baik dari hasil pemeringkatan nasional maupun internasional. Acara kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari asesor. Dr. Tri menyampaikan bahwa kedatangannya bersama Dr. Indra adalah untuk melakukan konfirmasi atas berkas usulan borang akreditasi yang telah dikirimkan Prodi SI FILKOM UB pada BAN-PT bulan Maret 2019 lalu. Hal yang akan dikonfirmasi ulang adalah yang masih butuh diperiksa kembali keberadaan bukti-bukti dukung penyelenggaraan atau pelaksanaannya.

01_peninjauan_sarana_prasaranaAcara dilanjutkan dengan kegiatan berkeliling area FILKOM UB untuk melihat sarana dan prasana pendukung pembelajaran yang tersedia, antara lain mengunjungi berbagai unit dan sub bagian yang ada di FILKOM, ruang kelas, laboratorium, ruang baca, mushola, kantin dan gazebo. Kemudian baru kembali ke gedung F lantai 7 untuk dilakukan verifikasi dokumen oleh asesor. Kegiatan verifikasi dokumen ini dilakukan secara paralel dimana Dr. Indra memeriksa borang akreditasi standar 1 hingga 4 dan Dr. Tri Kuntoro memeriksa standar 5 – 7.

Usai istirahat siang, acara masih dilanjutkan dengan kegiatan verifikasi dokumen dan juga dilakukan diskusi dengan stake holder. Verifikasi dokumen dilanjutkan oleh Dr. Indra, semenatara diskusi dengan stake holder dilakukan oleh Dr. Tri Kuntoro di ruang terpisah. Adapun stake holder yang hadir meliputi perwakilan mahasiswa Prodi SI dari angkatan 2016 hingga 2018, alumni dan pengguna lulusan yang berasal dari Industri. Rangkaian kegiatan berjalan dengan lancar hingga penghujung acara. Dari hasil verifikasi dokumen dan diskusi dengan stake holder yang telah dilakukan, asesor mendapat beberapa kesimpulan. Hal positifnya Prodi SI FILKOM UB sudah memiliki image positif dimata stake holder, selain fasilitas pendukung, sarana prasarana yang memadai, para pengguna lulusan dari industri juga mengakui bahwa luaran SDM Prodi SI FILKOM UB sudah memiliki kesiapan yang baik dalam bekerja.

01_diskusi_stake_holder“Biasanya memang lulusan perguruan tinggi masih butuh waktu untuk adaptasi jika baru mulai bekerja, karena yang dipelajari selama di kampus kebanyakan masih teori. Tapi dari para stake holder menyampaikan bahwa alumni FILKOM UB ini bisa melakukan adaptasi dan pendalam dengan cepat,” ujar Dr. Tri Kuntoro.

Sementara itu beberapa hal yang masih menjadi catatan untuk dilakukan peningkatan lebih lanjut adalah perlunya pembekalan soft skill interpersonal communication dan entrepreneurship bagi peserta didik. Selain itu perlu pula adanya perbaikan dalam penyusunan rencana operasional (renop), perbaikan kurikulum agar peserta didik lebih paham tentang issue IT masa depan dan peningkatan keterlibatan dosen dalam kepentingan publik, misalkan menjabat menjadi pengurus asosiasi yang berkaitan dengan bidang IT.

03_diskusi_dengan_perwakilan_mahasiswaDiharapkan dengan upaya terbaik yang telah diberikan oleh keluarga besar FILKOM UB, khususnya prodi SI dan Jurusan SI, dapat memberikan hasil yang terbaik pula. Hasil visitasi akreditasi ini akan diumumkan beberapa bulan ke depan setelah melalui beberapa tahapan verifikasi lagi di BAN-PT, yaitu pemeriksaan oleh validator, dewan eksekutif dan majelis BAN-PT. [dna]

 

 

 

 

 

 

 

Share